Sedih Ada agar Kamu Merasa Bahagia, Lalu SEPI Ada untuk Apa?


'Sepi' itu ada buat apa? Katanya agar kamu lebih menghargai sebuah 'kehadiran'. Lalu sepi yang singgah terlalu lama itu, apakah karma karena pernah menyia-nyiakan kehadiran? 

Ya, ya. Mungkin aku merasakan sepi karena menarik diri. Dan menyiptakan rasa itu sendiri. Atau mungkin saat baca ini kalian juga lagi merasakan sakitnya sepi. 

Aku suka banget cerita, apapun itu. Entah dijalan ketemu orang aneh, atau ketemu sesuatu yang bikin haru. Terlebih sesuatu yang menurutku lucu. Aku pengen banget langsung cerita ke orang lain. Niatnya biar mereka juga tau hal lucu ini. Ya meskipun sadar level humor tiap manusia itu berbeda-beda. Tapi tetep nggak menghalangiku buat berbagi cerita, meskipun endingnya aku yang diketawain sekalipun. 

Ya intinya aku suka cerita. Tapi nggak ke semua orang yang aku temui. Aku cuma bisa cerita hal-hal itu ke orang-orang terdekat aja. Dan orang-orang yang menghargai itu. Ya meskipun cuma dengerin dan ngerespon dengan ketawa aja. Tapi frekuensi ketulusan mereka mendengarkan itu nyampe. 

Terus sekarang aku merasa kehilangan. Awalnya kehilangan orang-orang itu, teman yang mau-mau aja dengerin ceritaku yang nggak penting. Kita terpisah mungkin emang karena jarak sih. Tapi rasanya kosong. 

Tiap ada cerita yang lucu ato kejadian aneh. Rasanya pengen banget ngechat temen-temen buat cerita. Uda ngetik panjang, tapi mikir.. Buat apasih.. Mereka kayaknya juga ga peduli. Nggak penting deh buat cerita. Terus hapus lagi.. 

Tiap ada kejadian apapun pengen banget chat terus cerita, tapi akhirnya cuma ngirim ke nomor sendiri.. Baca sendiri.. Ketawa sendiri.. Kalo sedih ya sedih sendiri. Bales chat sendiri ke diri sendiri. 

Ini toh yang katanya satu persatu orang pasti akan hilang.. Ya tersisa hanya dirimu sendiri. 

Sampe saat ini hasrat buat cerita apapun juga hilang. Ngelihat apapun jadi hampa, hal yang lucu jadi biasa aja. Bahagia sih, tapi aneh.. Bahagia cuma definisi karena nggak pernah ngerasa sedih. 

Aku sadar nggak pernah nerima perasaan sedih karena takut mengekspresikannya. Takut nangis sendiri. Dan pikirku, kalo aku ga sedih berarti aku bahagia. 

Ternyata salah, makin aku mengusir rasa sedih.. Makin aku nggak pernah bisa merasa benar-benar bahagia. 

Sekarang aku harus belajar lagi dari awal tentang mengakui dan menerima apapun perasaan. 

Aku butuh orang-orang yang pernah terasa begitu dekat. Aku butuh teman yang sebenarnya mereka baik-baik aja. Tetapi aku sendiri yang menarik diri dan menciptakan karakter lain dalam diri mereka. Mereka sibuk, mereka nggak akan peduli, dan aku harus selalu sendiri.

Comments